29/05/07

Maksudnya apa sih, orisinil....

“Bantuin mengerjakan pe-er KTK, menggambar bebas pa….”

”Lho adik kan bisa menggambar sendiri…”

”Iya…maunya sih gitu..tapi Dea mau gambar apa,…..bingung…nih pa”
“Bantuin dong pa........Papa yang menggambar nanti Dea yang mewarnai aja ya pa…kalau enggak......eeng... papa kasih contoh gambar aja deh......nanti Dea yang niru…”

“Lho itu namanya kan gak orisinil hasil kerja adik sendiri….”

”Orisinil..?? Maksud papa apa sih…orisinil..?”

”Orisinil maksudnya asli…..maksudnya yang menggambar itu asli dari adik sendiri, bukan dari mencontoh atau dibantu yang lain…..”

”Papaaa…pusing papa ini..ruwet, Dea ndak bisa menggambar nih, bantuin kenapa sih pa…ndak usah orisinil, besok dikumpulin nih pa…”

”Ya udah deh….kali ini papa gambarkan…..lain kali gambar sendiri…..”

”Yesss..!! Cepetan ya pa”.

Akhirnya gambar sudah selesai. Sebuah gambar rumah dengan taman bunga. Meskipun tidak bagus tapi lumayan untuk ukuran anak esde, paling tidak anak saya puas dengan gambar itu. Kemudian Dea anak saya pamit untuk tidur, meninggalkan saya sendiri yang masih kepikiran tentang orisinil.

Saya jadi ragu, orisinil…..? Pertanyaan anak saya seolah masih terngiang ditelinga, “maksud papa apa sih…orisinil..?”

Waktu saya menggambar rumah tadi apa benar layak dikatakan orisinil dari saya..??
Lho..padahal saya sendiri khan sekedar mencontoh dari apa yang pernah saya lihat dan tersimpan dalam memori saya. Dulu waktu kecil juga pernah diajari pak de menggambar rumah dan bunga…itu juga terekam dalam memori saya. Bahkan cara memegang potlot saja dulu mencontoh apa yang sudah diajarkan, itu juga terekam dalam memori. Apa yang sudah saya lihat atau saya pelajari semuanya terekam dan mungkin sudah campur aduk ndak karuan. Waktu saya menggambar tadi khan juga dibantu oleh tangan, mata, lampu dan sebagainya. Weleeeh……lantas apanya yang orisinil……???
Tidak….!! Tidak ada yang orisinil dari saya kalau gitu....!! Terlalu sombong bila saya katakan saya berbuat yang orisinil…….oooohh tidaak..!! Ampuni saya……Yang Memberi Kemampuan kepada sayalah yang orisinil…..Yang Punya warnalah yang orisinil menggambar....Yang Memberi contohlah yang orisinil…Yang Mengajari yang orisinil….bukan saya tapi hanya Dia yang ORISINIL.

1 komentar:

Toko Listrik Murah mengatakan...

subhanallah, siapa yang brani2 ngaku orisinil di bumi Allah ini???. matur nuwun pencerahannya ndan.