23/10/07

Nyawa di gigi

Sudah capek, jauh-jauh Brodin datang dari desa sangat terpencil, akhirnya sampai juga ke kota untuk berobat giginya yang sakit.

Brodin terlihat sangat sedih ketika dokter gigi bilang, "ini sudah terlalu parah......., gigi bapak harus dicabut.......mau ya pak?"

"Kalau memang sudah waktunya, saya cuma pasrah menerima saja dok, tapi tolong beri kesempatan saya untuk menulis surat wasiat dulu".

"Lho...kok nulis surat wasiat segala.....kayak orang mau meninggal...??!!", tanya dokter gigi keheranan.

Dengan sedikit terbata Brodin berkata, "Dokter......maafkan saya ini ndak tamat sekolah....maklum saja kalau sampai sekarang saya masih belum tahu dimana Tuhan meletakkan nyawa saya.........saya takut Tuhan meletakkan nyawa saya pada gigi saya.....sehingga kalau dokter mencabutnya.....nyawa saya akan ikut tercabut.." Air mata Brodin pun mulai meleleh dipipinya.

Dokter gigi tersenyum dan mencoba bercanda untuk menghiburnya, "Ah..pak Brodin ini bisa-bisa saja......tenang saja pak......masih jauh dari nyawa kok.."

Mendengar itu Brodin malah lebih serius mimik mukanya, "Tidak bisa Dok, saya serius ini......saya hanya mau dicabut gigi saya setelah menuliskan wasiat saya...".

"Tenang saja pak.....saya sudah pengalaman puluhan tahun kok...., belum ada pasien saya yang nyawanya melayang karena saya cabut giginya. Nanti saya buktikan deh....setelah gigi bapak saya cabut, bapak akan baik-baik saja.....", kata Dokter gigi sambil tetap tersenyum dengan tenang.

Brodin terdiam sejenak.........lalu berkata, "begini saja Dokter, berikan saya dua pilihan..........., yang pertama saya saja yang mencabut gigi Dokter dan saya yakin nyawa Dokter juga terletak di gigi Dokter.....atau pilihan kedua.....Dokter tunjukkan dimana Tuhan meletakkan nyawa manusia.......gimana?"

Dokter gigi jadi terbengong, "bee...#$%&(*&^%$."

1 komentar:

Panggil Aku "LINDI" mengatakan...

kang Brodin nii kayakknya seperti tokoh Nasrudin khoja yang dari timur tengah itu . tapi yg ini ni pasti aSLI IMPORT dari 'Timur Madura'
hUe..EEe..hee ...!!!